Minggu, 12 Februari 2023

apa itu akuntansi?

Akuntansi (bahasa bisnis) merupakan sistem informasi berupa laporan laporan untuk menyusun laporan keuangan dan mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Digunakan untuk mencatat dan menafsirkan data ekonomi untuk pengambilan suatu keputusan.

Konsep dasar akuntansi

·       Kesatuan usaha(bussiness entity), penerapan akuntansi dilakukan pada unit individu ekonomi dalam masyarakat atau disebut juga entitas.

·       Harga pokok (cost), barang dan jasa pada suatu entitas dicatat pada harga saat transaksi tersebut terjadi.

·       Dasar akrual, menentukan kapan suatu transaksi harus dicatat.

   2 dasar pencatatan:

- dasar tunai, dicatat saat terjadi penerimaan atau pengeluaran kas

- dasar akrual, mencatat pada saat terjadinya, tidak mengindahkan penerimaan atau pengeluaran kasnya.

·       Kelangsungan usaha, suatu entitas dijamin akan berlangsung terus, sehingga dapat melakukan transaksi dimasa yang akan datang.

 Persamaan akuntansi


Aktiva = utang + modal

Modal = aktiva - utang

 Laporan akuntansi

·       Neraca, daftar sistematis dari aktiva, utang, modal pada tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun atau akhir bulan. Aktiva biasanya disusun berdasarkan urutan likuiditasnya, yaitu cepat tidaknya aktiva tersebut dijadikan uang tunai, aktiva dibedakan menjadi 2:

-        Aktiva lancar

-        Aktiva tidak lancar

utang juga diurutkan berdasarkan likuiditasnya, cepat tidak nya utang tersebut akan dilunasi.

Modal diurutkan berdasarkan kekekalannya atau keawetannya dalam modal yang akhir dikembalikan oleh perusahaan pada saat likuiditas disajikan paling awal.

·       Laporan laba rugi, untuk memperoleh informasi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba dan sumber-sumber utama dari pendapatan perusahaan, sumber informasi dari laporan ini berasal dari transaksi yang mengakibatkan perubahan  modal kecuali untuk transaksi setoran dan pengambilan modal.

·       Laporan perubahan ekuitas, melalui laporan ini dapat diperoleh sebab terjadinya penambahan atau pengurangan modal selama periode tertentu.

Untuk mengetahui modal

Modal = Aktiva – passiva

·       Laporan arus kas, mengevaluasi perubahan aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan dan kemampuan perusahaan didalam menghasilkan kas yang mendatang.

Hubungan ke-4 laporan akuntansi tersebut adalah hasil dari masing masing laporan dapat digunakan dilaporan lainnya.

         Siklus akuntansi

Akun, catatan formal akuntansi digunakan untuk mengikhtisarkan transaksi yang terjadi selama periode akuntansi.

Jenis akun

Bertambah

Berkurang

Aktiva

Debet

kredit

Utang

Kredit

debet

ekuitas (modal)

Kredit

debet

Prive

Debet

kredit

Pendapatan

Kredit

debet

Beban

Debet

kredit

 

Siklus akuntansi

Bukti transaksi – jurnal umum – buku besar – neraca saldo – pembuatan laporan keuangan – penutupan buku – neraca lajur – jurnal penyesuaian – laporan keuangan.

·       Buku jurnal (book of original entry), catatan kejadian keuangan yang dilakukan secara urut waktu. Transaksi ini diikhtisarkan dalam akun buku besar.

·       Buku besar (general ledger), proses memisahkan dan mengikhtisarkan jumlah rupiah masing masing transaksi yang ada pada buku jurnal ke akun buku besar yang sesuai, proses memindahkan informasi dari jurnal ke akun disebut posting atau pembukuan.

·       Neraca saldo (trial balance), saldo debet dan kredit (nilai akhir buku besar) dalam neraca harus dipisahkan sehingga dapat diketahui berapa total saldo debet dan saldo kredit, jumlah kedua saldo tersebut harus seimbang.

·       Laporan keuangan, pada akhir periode seluruh akun akan dijumlahkan dan dihitung saldonya, akun ini merupakan bahan dasar yang akan digunakan untuk menyusun laporan keuangan.

-        Akun pendapatan dan beban digunakan untuk menyusun laporan keuangan

-        akun ekuitas dan prive, untuk menyusun laporan perubahan modal, akun aktiva, akun ini dipakai sebagai dasar untuk menyusun neraca.

·       Jurnal penyesuaian ( adjustment journal).

Ayat jurnal penyesuaian, agar nilai laba rugi diakhir periode real, disesuaikan agar nilai menjadi real. Jurnal penyesuaian penting karena pendapatan yang diterima diikuti biaya-biaya nya agar nilai nya real.

 

-beban dibayar dimuka, ada metode harta dan kewajiban

 motode harta : beban (D)

                             Beban dibayar dimuka(k)

beban dibayar dimuka berarti beban yang dibayar duluan, dan kita belum menerima mannfaatnya akan disesuaikan pada akhir periode dengan manfaat yang diterima, sehingga pencatatan laba rugi, beban yang ditangguhkan hanya sebesar yang sudah dimanfaatkan

-pendapatan diterima dimuka

pendapatan (D)

   pendapatan dibayar dimuka(k)

 pendapatan diterima dimuka, akan disesuaikan pada akhir periode,menjadi pendapatan usaha sesuai dengan yang sudah dikerjakan, artinya jika ada yang belum dikerjakan, posisinya sama seperti hutang.

-beban yang masih harus dibayar, beban yang sudah kita terima manfaatnya tapi belum dibayar pada 1 periode, maka akan dihitung pada periode tersebut juga, contoh : beban gaji

beban (d)

   hutang (k)

-penyusutan aktiva tetap,

1 metode garis lurus, menyusut tetap

2 metode saldo menurun, penyusutan terbanyak dipertama karena pertama beli barang nya masih prima

nilai aktiva tetap seiring waktu nilainya semakin menurun

-pemakaian perlengkapan, ketika sudah akhir periode dilakukan perhitungan stok fisik, ketika perlengkapan awal kita beli sebesar X dan kita hitung sudah berkurang, maka perlu disesuaikan saldonya supaya real.

beban perlengkapan (d)

      perlengkapan (k)

·       Pembagian harga perolehan aktiva jangka pendek

Seperti bahan habis pakai, persekot asuransi, persekot sewa

·       Pendapatan yang diterima dimuka

·       Pembagian harga pokok perolehan aktiva jangka panjang, untuk menacatat depresiasi. Depresiasi mencerminkan adanya penurunan nilai aktiva, akun akumulasi depresiasi disebut juga rekening lawan dari aktiva tetap.

·       Biaya yang terutang, gajih yang terutang dan biaya bunga yang terutang

·       Pendapatan yang sudah tertagih, mencatat jumlah pendapatan.

·       Penyesuaian untuk pajak penghasilan, untuk periode satu tahun.

·       Neraca lajur (worksheet)

Digunakan untuk mengikhtisarkan daftar saldo menyesuaikan saldo akun dan menyiapkan laporan keuangan.

Kolom neraca lajur yang memuat akun riil dan akun nominal adalah daftar saldo setelah penyesuaian

·       penutupan buku (closing entries)

jurnal penutup, untuk menutup pembukuan periode yang kita kerjakan, supaya bisa memulai pencatatan diperiode selanjutnya.

jurnal penutup adalah jurnal untuk memindahkan saldo akun akun sementara (pendapatan dan beban) ke akun komponen modal melalui ikhtisar laba rugi.

tidak semua akun ddibuat jurnal penutup, hanya saldo akun sementara dan prive.

jurnal yang perlu dibuat jurnal penutupan

1.     pendapatan jurnal : pendapatan (d), ikhtisar laba rugi(k), penndapatan didebet karena saldo pendapatan berada dikredit. sehingga posisinya harus didebet agar saldo nya menjadi 0.

2.     beban , jurnal : ikhtisar laba rugi (d) beban (k) beban dikredit karena saldo beban didebet, sehingga posisinya harus dikredit,agar saldonya menjadi nol.

3.     saldo laba/rugi , bisa dihitung dari jrnal penutup pendapatan dan beban.

jurnal laba: ikhtisar laba rugi (d), modal(k).

jurnal rugi : modal (d), ikhtisar laba rugi (k),

jika laba, ikhtisar laba rugi (k) - ikhtisar laba rugi (d), diatas = positif

jika rugi, ikhtisar laba rugi (k) - ikhtisar laba rugi (d), diatas = minus

4.     prive

jurnal : modal (d)

              prive (K)

modal didebet karena modal berkurang, akibat penarikan prive.

prive dikredit, karena saldo awal prive didebet sehingga harus nol kan, maka dijurnal dikredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apa itu akuntansi?

Akuntansi (bahasa bisnis) merupakan sistem informasi berupa laporan laporan untuk menyusun laporan keuangan dan mengetahui kondisi keuangan ...